Jegal Gagal Ginjal!

http://menjadi-terbaik.blogspot.com/
Ginjal atau Buah Pinggang adalah organ kembar berbentuk seperti kacang yang terletak di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, setinggi pinggang. Ukurannya sebesaran kepalan tangan, dengan berat sekitar 150 gram. Namun, tahukah sahabat MT bahwa walaupun kecil bentuknya, namun fungsi ginjal sangatlah vital.
Fungsi ginjal yang utama adalah memproses darah sejumlah 120 ml/menit (sekitar 170 liter / hari) dan membuang sampah yang dihasilkan dalam proses metabolisme melalui air kencing yang jumlahnya sekitar 1-2 liter / hari.
Fungsi lainnya adalah mengatur air dan elektrolit, membersihkan obat-obat dan toksin dari dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah, serta menghasilkan hormon dan vitamin D yang aktif untuk menguatkan tulang.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, sampah akan tertimbun di dalam darah sehingga badan akan terasa tidak enak dan muncul beragam komplikasi, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), anemia, penyakit pembuluh darah jantung, osteoporosis, malnutrisi, gangguan saraf, dll.
Gejala tersebut muncul secara perlahan dalam waktu lama.

Gagal ginjal adalah suatu keadaan dimana kedua ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya. Terbagi menjadi:
1) Gagal ginjal akut 
Timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari atau minggu dan dapat disembuhkan dengan cuci darah satu atau dua kali saja.
Gejalanya: bengkak pada kelopak mata dan kaki, nyeri pinggang hebat / kolik, kencing sakit, demam, kencing sedikit atau malah sering kencing, kencing merah (darah), serta kelainan urin seperti ditemukannya protein, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan bakteri pada urin.
Penyebabnya: kejadian yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, tumor, pembesaran prostat, kekurangan cairan pada diare yang tidak segera diatasi, kekurangan darah pada luka dan operasi, infeksi berat, dan keracunan obat / zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik, gagal ginjal akut akan berubah menjadi gagal ginjal kronis.

2) Gagal ginjal kronis
Timbul perlahan secara menahun, membutuhkan pengobatan tetap dan cuci darah secara terus-menerus atau dengan cangkok ginjal.
Gejalanya: lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan menurun, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat akibat anemia, serta terjadinya kelainan urin seperti ditemukannya protein, eritrosit, dan leukosit pada urin. Selain itu, berdasarkan hasil laboratorium, akan terlihat kreatinin (zat racun dalam darah) naik dan Haemoglobin (Hb) turun.
Penyebabnya: disebabkan oleh penyakit ginjal itu sendiri, maupun penyakit di luar ginjal.
Penyakit ginjal mencakup glomerulonefritis (radang imunologis ginjal), infeksi dan batu ginjal kronis, ginjal polikistik, dll.
Penyakit di luar ginjal mencakup Diabetes Mellitus (sakit gula), hipertensi (darah tinggi), lupus sistemik, atau penyakit lain yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Upaya Penanggulangan
  1. Atasi penyakitnya. Bila menderita diabetes dan hipertensi harus diobati dengan baik, mengurangi berat badan dengan diet sehat, olahraga teratur, dan berhenti merokok.
  2. Banyak minum air putih. Jangan hanya minum di saat haus. 
  3. Bila merasakan gejala awal seperti nyeri daerah pinggang disertai mual, muntah, air kencing kemerahan, sering kencing, kadang demam, maka Anda harus segera ke dokter karena bisa saja gejala tersebut menandakan batu ginjal.
  4. Jangan terlalu sering minum obat atau jamu karena banyak sekali obat dan jamu yang dapat merusak ginjal, diantaranya obat penghilang rasa nyeri (pegal linu, sakit kepala, sakit gigi), obat rematik, obat penggemuk, obat pelangsing, obat yang diklaim sebagai obat tradisional, dan jamu yang dijual secara bebas di warung. Jangan terlalu sering mengonsumsinya, apalagi dalam jangka panjang. Anda harus waspada jika dalam kemasan tidak dicantumkan zat aktif, dosis, indikasi, dan kontra indikasi.
Jika sudah terlanjur menderita gagal ginjal, jangan berputus asa, Anda masih dapat hidup normal dengan dibantu haemodialisis (cuci darah).
Haemodialisis adalah proses pemisahan atau penyaringan sisa-sisa metabolisme melalui selaput semipermeabel dalam mesin dialisis. Darah yang sudah bersih dipompa kembali ke dalam tubuh. Cuci darah bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik yang memiliki unit hemodialisis.

Selain itu, dapat juga melalui terapi dialisis peritoneal. Dialisis ini dilakukan pada selaput peritoneal atau rongga perut karena pembuluh darah pada selaput peritoneal berfungsi sebagai saringan ginjal, menyaring dan mengeluarkan sisa metabolisme. Dalam proses tersebut, cairan dialisis dimasukkan ke dalam rongga perut melalui pipa karet yang dipasang dengan operasi kecil.

Pasien gagal ginjal dianjurkan tetap berolahraga teratur, makan dengan takaran yang wajar, dan membatasi minum air.

Bagaimana HD Menolong?

Produk perlebahan unggulan
HDI Four Stars

- Bee Propolis Tablet dapat mengurangi peradangan pada ginjal. Aktivitas Caffeic Acid Phenethyl Ester (CAPE) berperan sebagai anti peradangan dan sebagai anti oksidan yang dapat melindungi ginjal dari zat racun yang dapat merusak ginjal. Kandungan flavonoid, yang bersifat antibakteri dapat membantu mengatasi infeksi pada ginjal. Juga dapat membantu mengatur metabolisme glukosa serta lipid dalam darah sehingga kadar glukosa dalam darah terkontrol.

- Royal Jelly Liquid, mengandung semua vitamin dan nutrisi, termasuk asam pantotenat dan gamma globulin yang membantu tubuh melawan infeksi dan meningkatkan regenerasi sel-sel yang rusak, termasuk memperbaiki kerusakan pada ginjal. Royale Jelly juga berfungsi memperbaiki elastisitas pembuluh darah, menurunkan kolesterol, dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

- Pollenergy, merupakan nutrien lengkap, mengandung asam amino, multivitamin, mineral, enzim, vitamin B Complex, dan asam folat yang berfungsi meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah serta membantu mengatasi anemia pada pasien gagal ginjal.

- Clover Honey, mengandung beraneka ragam nutrisi termasuk asam amino, vitamin, dan mineral. Salah satu mineral utamanya, kalium, mampu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi Clover Honey secara rutin dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan.


Masing-masing produk mempunyai manfaat tersendiri dan dengan kombinasi keempat produk utama ini tubuh akan lebih cepat melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

***
info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha 
WA/Telp: 085267504271

2 Responses to "Jegal Gagal Ginjal!"

  1. gagal ginjal memang penyakit yang mengerikan :(

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat.
    Saya juga akan menawarkan informasi mengenai Obat Gagal Ginjal

    BalasHapus

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.