Endometriosis dan Infertilitas

Selamat pagi! :)
Setelah sebelumnya MT membahas mengenai apa itu endometriosis dan bagaimana gejalanya kali ini kita akan mencari tahu mengenai hubungan antara endometriosis dan infertilitas, karena seperti yang diketahui umum, endometriosis dapat menyebabkan seorang perempuan sulit memiliki keturunan.
Mengapa hal tersebut terjadi?
  1. Parameter hormonal. Dibandingkan dengan siklus normal, fase folikular penderita endometriosis lebih singkat, kadar estradiol lebih rendah, dan nilai puncak produksi LH (LH surge) berkurang. Folikel yang terbentuk pada saat LH surge cenderung berukuran lebih kecil.
  2. Luteinized Unruptured Follicle Syndrome (LUF). LUF adalah kegagalan pelepasan sel telur dari ovarium.
  3. Pengaruh peritoneal. Pada penderita endometriosis, ditemukan peningkatan jumlah dan aktivitas cairan peritoneum dan makrofag peritoneum.
  4. Sistem kekebalan. Endometriosis mempengaruhi sistem kekebalan dan secara langsung bisa mengakibatkan infertilitas. 
  5. Produksi prostaglandin. Prostaglandin diduga dihasilkan oleh sel-sel endometriosis muda, menyebabkan spasme atau konstraksi otot. Karena pengaruh  prostaglandin, tuba menjadi kaku dan tidak dapat mengambil sel telur yang dihasilkan ovarium serta terjadi penolakan perlekatan janin dalam rahim. Selain itu, gerakan sperma juga berkurang sehingga mempengaruhi kemampuannya menembus sel telur.

Metode Pemeriksaan:
  • Pemeriksaan fisik pada bagian panggul akan teraba adanya benjolan lunak yang seringkali ditemukan di belakang vagina atau di ovarium.
  • Laparoskopi
  • Biopsi endometrium
  • USG rahim
  • Barium enema
  • CT-scan atau MRI perut

Alternatif Penanganan:
1) Pembedahan
Endometriosis sedang atau berat mungkin memerlukan pembedahan. Endometriosis diangkat sebanyak
mungkin, seringkali dilakukan dengan prosedur laparoskopi.
Pembedahan biasanya dilakukan pada kasus berikut:
- Bercak jaringan endometrium memiliki garis tengah yang lebih besar dari 3,8 - 5 cm.
- Perlengketan di perut bagian bawah atau panggul.
- Jaringan endometrium menyumbat salah satu atau kedua tuba.
- Jaringan endometrium menyebabkan nyeri sangat hebat di perut atau panggul yang tidak dapat diatasi dengan obat-obatan.
- Untuk membuang jaringan endometrium kadang digunakan elektrokauter atau sinar laser. Dalam hal ini, pembedahan hanya merupakan tindakan sementara karena endometriosis sering berulang.
Ovarektomi (pengangkatan ovarium) dan histerektomi (pengangkatan rahim) hanya dilakukan jika nyeri perut atau panggul tidak dapat dihilangkan dengan obat-obatan dan penderita tidak ada rencana untuk hamil.
- Setelah pembedahan, diberikan terapi sulih estrogen yang bisa dimulai segera setelah pembedahan. Jika jaringan endometrium yang tersisa masih banyak, maka terapi baru dilakukan 4 - 6 bulan setelah pembedahan.

2) Pengobatan
Pilihan pengobatan untuk endometriosis adalah:
- obat-obatan yang menekan aktivitas ovarium dan memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium.
- pembedahan untuk membuang sebanyak mungkin endometriosis.
- kombinasi obat-obatan dan pembedahan.
- histerektomi, sering disertai dengan pengangkatan tuba falopii dan ovarium.

3) Penggunaan Produk Perlebahan
Walaupun faktor penyebabnya tidak diketahui secara pasti, namun beberapa teori mengatakan kalau endometriosis disebabkan oleh gangguan menstruasi, faktor genetik, dan faktor kekebalan tubuh. Karena itu, produk perlebahan berperan signifikan dalam membantu mempercepat proses penyembuhan.

Bee Pollen dan Clover Honey berperan meningkatkan stamina dan sistem imunitas tubuh. Bee Pollen dan Clover Honey mengandung nutrisi yang tinggi dan lengkap serta polifenol yang bermanfaat sebagai anti-oksidan alami.
produk perlebahan HDBee Propolis adalah produk lain yang memiliki khasiat sangat penting dalam menentukan proses penyembuhan endometriosis. Bioflavonoid dan CAFE (caffeic acid phenethyl ester) memiliki khasiat anti-inflamasi dan anti-oksidan alami yang sangat kuat. Propolis mampu meredakan inflamasi, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi rasa sakit.
Royal Jelly mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu menstabilkan metabolisme hormonal dan menormalisasi siklus menstruasi bermasalah. Royal Jelly juga mampu mempercepat regenerasi sel sehingga sel-sel yang rusah / aus segera diganti dan diperbarui.

Nah, seperti kata pepatah "Mencegah lebih baik daripada mengobati", maka ada baiknya Anda mulai mengonsumsi produk perlebahan sejak saat ini, sekalipun mungkin Anda belum/tidak menderita endometriosis.
Udah, segitu dulu pembahasan mengenai endometriosis. Semoga artikelnya membantu yaaa... :)
***

info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha 
WA/Telp: 085267504271

0 Response to "Endometriosis dan Infertilitas"

Posting Komentar

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.