Batu Ginjal

Ginjal berfungsi membersihkan darah tiap hari dengan menyaring zat-zat limbah yang terdapat di dalamnya untuk selanjutnya dibuang dalam bentuk urin. Terkadang kadar zat-zat tersebut terlalu tinggi sehingga tidak dapat sepenuhnya dibuang oleh tubuh dan mengendap di dalam ginjal. Endapan tersebut lama-kelamaan dapat mengeras atau mengkristal, sehingga terbentuklah apa yang dinamakan batu ginjal.
obat menyembuhkan batu ginjal

Batu ginjal dapat dibagi menjadi empat jenis utama:
1. Batu Kalsium
Disebabkan oleh tingginya kadar kalsium di dalam urin. Jenis ini paling umum terjadi karena tingkat kalsium yang tinggi biasanya berasal dari makanan yang mengandung oksalat maupun vitamin D seperti kacang kedelai, hati sapi, ikan sarden, tiram, minyak ikan, kuning telur, cokelat, teh, kopi, bir, terong, dan bayam.
Tingginya kalsium juga bisa disebabkan kelenjar paratiroid yang terlalu aktif.

2. Batu asam urat
Disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam urin yang disebabkan oleh makanan berkadar purin tinggi seperti, kerang-kerangan, daging kambing, dan jeroan.

3. Batu struvit
Merupakan jenis baru ginjal yang dapat terbentuk dan membesar secara cepat. Penyebab utamanya adalah infeksi saluran kemih yang tidak diobati dan dibiarkan saja.

4. Batu sistin.
Disebabkan terlalu banyaknya asam amino sistin yang dikeluarkan oleh ginjal. Jenis ini sangat jarang ditemukan.

Penyebab Batu Ginjal
  • Kafein
Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengarahkan pada pengembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi dalam urine. Hal tersebut juga memicu gagal ginjal karena ada stimulan yang dapat membuat organ kelelahan. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda.
  • Pemanis buatan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu asli.
  • Daging
Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang. Daging juga tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginjal.
  • Sarden
Sarden memiliki kandungan purin yang tinggi. Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, Anda harus membatasi asupan tinggi purin (senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma). 
  • Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi (soda, minuman energi, dan jus kemasan) akan meningkatkan risiko batu ginjal dan bahkan menempatkan Anda pada risiko penyakit ginjal.
  • Produk susu
Produk susu tinggi kalsium baik untuk membangun tulang yang kuat. Namun, bagi mereka yang rentan terhadap batu ginjal, kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang dan mendorong terbentuknya batu ginjal.

Gejala Batu Ginjal
Jika batu ginjal masih berada di dalam ginjal atau jika ukurannya sangat kecil sehingga bisa dengan mudah dikeluarkan dari ureter, maka biasanya tidak muncul gejala khusus yang dirasakan penderita.
Namun, jika ukuran batu ginjal lebih besar dari saluran ureter maka batu tersebut akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga menimbulkan iritasi atau luka. Saat inilah biasanya penderita akan mengalami rasa sakit saat kencing dan warna air seni menjadi lebih keruh kecoklatan / kemerahan, penderita juga biasanya merasakan nyeri pada pinggang, perut bagian bawah, dan selangkangan. Selain itu penderita batu ginjal juga bisa merasakan gejala seperti muntah-muntah, menggigil, dan demam.

Pengobatan Batu Ginjal:
  • Jika batu ginjal masih berukuran kecil, maka penderita disarankan untuk banyak minum air putih sehingga batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya. Jika air putih belum cukup, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk membantu melancarkan pengeluaran batu ginjal (misal, tamsulosin) dan juga obat pereda rasa sakit (misal, parasetamol, ibuprofen, dan kodein).
  • Jika batu ginjal berukuran lebih besar sehingga menyumbat saluran kemih pasien, maka operasi akan dilakukan karena dikhawatirkan kondisi tersebut akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih parah seperti pendarahan atau bahkan kerusakan ginjal.
Prosedur untuk menangani batu ginjal yang besar:
  1. Ureterorenoskopi, yaitu prosedur pengangkatan batu ginjal dengan menggunakan sebuah alat yang disebut ureteroskop yang dimasukkan ke ureter melalui uretra dan kandung kemih. Alat yang menyerupai selang kecil dan dilengkapi kamera ini dapat melihat letak batu ginjal. Setelah letaknya diketahui, batu akan dihancurkan. Ureterorenoskopi biasanya dilakukan untuk menangani batu yang terjebak di dalam ureter.
  2. Bedah terbuka. Prosedur ini sebenarnya sudah tergolong jarang dan hanya dilakukan untuk mengangkat batu ginjal yang berukuran sangat besar. Bedah terbuka dilakukan dengan cara membuat sebuah sayatan pada permukaan kulit dekat dengan ginjal dan ureter yang berfungsi sebagai akses bagi dokter bedah untuk mengangkat batu ginjal.
  3. Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), yaitu penghancuran batu ginjal dengan menggunakan gelombang energi. Batu dihancurkan agar serpihan-serpihannya dapat keluar dengan mudah.
  4. Percutaneous nephrolithotomy (PCNL), sayatan kecil dibuat di atas permukaan kulit dekat ginjal sehingga alat yang disebut nephroscope bisa masuk untuk memecahkan dan mengangkat serpihan batu ginjal.
Jika Anda pernah menderita batu ginjal sebelumnya, maka Anda berpeluang untuk kembali terkena kondisi yang sama.

Bagaimana HD Menolong?
Untuk mengatasi masalah batu ginjal, Anda dapat mencoba khasiat produk perlebahan yang sejak dulu sudah disediakan alam sebagai makanan dan obat terbaik bagi tubuh.
  1. Bee Propolis Tablet, berfungsi sebagai antioksidan yang dibutuhkan tubuh serta meredakan infeksi/tukak yang terjadi pada saluran ureter. Juga berfungsi menormalkan asam urat tubuh.
  2. Clover Honey, madu asli yang berfungsi sebagai pemanis alami. Dapat dijadikan minuman untuk membantu mendorong keluarnya batu ginjal.
  3. Royal Jelly Liquid, berfungsi untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.
  4. Pollenergy, untuk sumber tenaga dan merupakan sumber vitamineral lengkap dan seimbang yang mengatasi ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh.
 ***

info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha 
WA/Telp: 085267504271

0 Response to "Batu Ginjal"

Posting Komentar

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.