Vertigo

Banyak orang tidak terlalu serius menanggapi rasa pusing. Biasanya orang lebih memilih untuk meminum obat sakit kepala yang mudah didapatkan di apotek atau toko obat. Tapi, sebaiknya Anda mulai berhati-hati kalau Anda mengalami pusing sampai terasa berputar-putar, bisa jadi Anda terkena vertigo.

http://menjadi-terbaik.blogspot.com/
Vertigo
"Vertigo adalah gangguan keseimbangan disertai gejala pusing yang khas, berputar-putar," kata Erin Destrini, Dokter Umum dari Klinik Jakarta Medical Center (JMC).
Gejala lain yang menyertai pusing berputar ini adalah pandangan kabur, mual dan muntah, berkeringat dingin, denyut nadi cepat, berdebar-debar, serta telinga terasa penuh dan berdenging.
Penderita vertigo umumnya tidak bisa berdiri tegak ketika terserang vertigo. Untuk meredakan pusing, penderita biasanya berbaring dan menutup mata. Namun, terkadang setelah menutup matapun, mereka tetap merasa berputar-putar.

Frekuensi vertigo yang dialami setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengalami vertigo beberapa saat saja. Ada pula yang merasakan selama berjam-jam. Bahkan, ada pula vertigo yang berlangsung sampai seminggu.
Serangan vertigo ringan umumnya bisa dihilangkan dengan beristirahat sejenak. Vertigo menjadi berbahaya jika gejalanya parah. Karena menghilangkan keseimbangan, vertigo berat dapat melumpuhkan penderitanya sehingga terjatuh.

"Bagi penderita lanjut usia (lansia) vertigo bisa menyebabkan komplikasi serius pada tubuh," kata Suhanto Kasmali, Dokter Umum di Rumah Sakit Mediros, Jakarta Timur.
Untuk menghilangkan vertigo, penderita biasanya mengonsumsi obat anti vertigo yang dijual bebas di pasaran. Namun, para ahli medis sebenarnya tidak merekomendasikan cara ini. Karena, obat tersebut hanya menghilangkan gejala, bukan membasmi penyebab vertigo.

Dua jenis penyebab vertigo:
1.    Vertigo sentral
Vertigo sentral mengacu pada otak. Gangguan di otak yang menyebabkan vertigo bisa terjadi  karena luka di bagian batang otak. Selain itu, bisa juga dipicu tumor otak atau terjadi penyumbatan pembuluh darah otak yang mengganggu fungsi otak sebagai pengatur keseimbangan tubuh.

2.    Vertigo periferi
Vertigo periferi terjadi di luar otak, seperti pada telinga dan mata. Dengan kata lain, tubuh memiliki organ keseimbangan yaitu di telinga bagian dalam. Organ ini nantinya berhubungan dengan otak.
Pada umumnya, penderita vertigo mengalami gangguan di bagian otak atau di bagian telinga tersebut. Vertigo dapat terjadi saat penderita mengalami sindrom meniere.
Sindrom meniere adalah kondisi di mana terdapat cairan pada telinga bagian dalam, sehingga menyebabkan vertigo timbul.  Gejala lainnya, rasa penuh di telinga dan berkurangnya pendengaran yang juga berfluktuasi serta telinga berdengung.
Selain telinga, kelelahan yang sangat pada mata juga bisa menimbulkan vertigo. Kelelahan mata bisa terjadi ketika mata dipaksa terus bekerja, kurang tidur, atau seharian menatap layar komputer.

Penyebab gangguan keseimbangan (yang mengakibatkan vertigo) sangat beragam, diantaranya adalah :
1. Gangguan telinga
Sekitar 50% kasus vertigo berkaitan dengan penyakit-penyakit atau gangguan telinga bagian dalam.

2. Gangguan otak
Sekitar 5% diperkirakan berhubungan dengan kelainan di otak, misalnya: stroke, migrain, penyempitan pembuluh darah otak (multiple sclerosis), penyakit Parkinson dan tumor.

3. Kondisi tubuh
Diperkirakan 5% vertigo berhubungan dengan kondisi tubuh, misalnya: tekanan darah rendah (hipotensi), hipertensi, penyakit infeksi, kekurangan gula darah (hipoglikemia), gangguan jantung, serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada alat pendengaran dan kekurangan asupan oksigen ke otak. Obat-obat tertentu yang memiliki efek samping terhadap keseimbangan (ototoksik), dapat juga menjadi penyebab vertigo.

4. Faktor lain
Vertigo dapat disebabkan berbagai faktor selain faktor-faktor di atas, misalnya: faktor stress, cemas pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, marijuana dan sejenisnya. Berada dalam ruangan tertutup yang terlalu panas, bisa juga menjadi penyebab vertigo.

Cara Untuk Menghindari Serangan Vertigo Mendadak:

  • Cobalah tidur dengan posisi kepala yang agak tinggi.
  • Ketika bangun dari tempat tidur, janganlah membuat gerakan yang mengejutkan. Ada baiknya, bangun tidur secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum berdiri.
  • Hati-hati saat menggerakkan leher dalam posisi mendongak. Jika mengambil suatu barang atau benda dari ketinggian, hindarilah posisi mendongakkan kepala.
  • Hindari makan karbohidrat terlalu banyak. Penimbunan energi ini dapar menyebabkan kolesterol tinggi atau tingginya gula darah.
  • Miliki pola hidup sehat dengan mengurangi makanan dan minuman mengandung alkohol, kafein, dan juga makanan berminyak.
  • Hindari makanan yang dapat merangsang alergi seperti seafood.
  • Berolahraga dengan teratur.
Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Penderita Vertigo:
  • semua jenis daging (kecuali ikan air tawar),
  • masakan yang di goreng (ikan asin, emping),
  • santan kental,
  • nasi yang dicampur (nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli),
  • berbagai macam kue dan selai (kue bolu, martabak, mentega, keju, susu),
  • jeroan,
  • bumbu masak kemasan,
  • telur (telur asin, telur ayam),
  • buah-buahan yang tebal kulitnya seperti durian, nangka, jengkol, pete,
  • minuman : es, minuman yang mengandung alkohol.

Jenis Latihan Yang Dapat Dilakukan:
1. Duduk atau diranjang
- Gerakkan mata pertama-tama secara perlahan-lahan, kemudian secara cepat ke atas dan ke bawah, sisi ke sisi, dan secara diagonal. Fokus pada jari-jari tangan Anda ketika Anda menjauhkannya dari muka.
- Gerakkan kepala pertama-tama secara perlahan-lahan, kemudian secara cepat, dengan mata terbuka, membungkuk ke depan dan ke belakang, memutar dari sisi ke sisi, memiringkan dari sisi ke sisi, dan bergerak secara diagonal. Ulangi dengan mata tertutup.

2. Berdiri
- Ulangi latihan bagian 1 ketika berdiri.
- Berubah dari posisi duduk ke posisi berdiri, pertama dengan mata yang terbuka, dan kemudian dengan mata yang tertutup.
- Lemparkan bola dari tangan ke tangan diatas ketinggian mata.
- Lemparkan bola dari tangan ke tangan dibawah lutut.
- Rubah dari duduk ke berdiri, putar pertama ke satu sisi dan kemudian ke sisi lain.

3. Bergerak
- Berjalan menyeberangi ruangan dengan mata yang terbuka, dan kemudian dengan mata yang tertutup.
- Berjalan menaiki dan menuruni kemiringan dengan mata yang terbuka, dan kemudian dengan mata yang tertutup.
- Menaiki dan menuruni tangga dengan mata yang terbuka, dan kemudian dengan mata yang tertutup.
- Sit up dan berbaring di ranjang.
- Duduk di kursi, kemudian berdiri.
- Mengembalikan keseimbangan ketika didorong pada arah yang spesifik.
- Lempar dan tangkap bola.
- Turut serta pada setiap permainan yang melibatkan membungkuk dan meregang dan mengarahkan, seperti bowling, volleyball, atau shuffleboard.


Bagaimana HD Menolong?
Untuk memulihkan penderita dari vertigo, maka konsumsilah Dynamic Trio dari HDI yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, membersihkan pembuluh darah dari timbunan lemak, dan meregenerasi sel / memperbaiki sistem syaraf dan hormonal.
Adapun produk HDI Dynamic Trio terdiri dari:
1. Royale Jelly Tablet
Kandungan lengkap vitamineral di dalamnya membuat Royale Jelly mampu mempercepat terjadinya regenerasi sel dan memperbaharui sistem syaraf dan hormonal yang rusak.

2. Bee Propolis
 Sebagai anti-oksidan Propolis juga memiliki kemampuan untuk menghentikan perdarahan dan juga membersihkan timbunan lemak dari pembuluh darah. Juga sangat baik untuk penderita diabetes dan stroke yang juga merupakan salah satu penyebab vertigo.

3. Pollenergy
Dengan kandungan 18 asam amino dan multivitamineral lengkap, Pollenergy bertanggungjawab menjadi sumber nutrisi penting dan juga memperlancar aliran darah ke otak.
http://menjadi-terbaik.blogspot.com/
HDI Dynamic Trio

***

info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha 
WA/Telp: 085267504271

0 Response to "Vertigo"

Posting Komentar

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.