Menentukan Masa Subur

Jumpa lagi dengan sahabat MT :)
Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Penyebab Susah Hamil dan semoga artikel tersebut dapat berguna bagi para sahabat untuk lebih memahami mengapa pasangan suami-istri bisa mengalami kondisi infertilitas.
Kali ini kita akan membahas mengenai masa subur. Tahukah Anda bahwa sebenarnya masa subur dapat dideteksi sendiri?

Untuk mengetahui masa subur, perhatikan hal berikut:
1) Sistem kalender
    http://menjadi-terbaik.blogspot.com/2013/12/infertilitas-masa-subur-dan-faktor-yang.html
  • Bagi yang haid nya teratur,  masa subur terjadi pada hari ke 13-15 sebelum tanggal haid yang akan datang.
  • Bagi yang siklus haidnya tidak teratur. Pertama harus mencatat siklus haid yang telah lalu. Minimal 6 kali haid. Pada siklus haid dengan hari terlama dikurangi 11. Maka akan diperoleh hari/masa subur dalam siklus tersebut. Sedangkan siklus dengan jumlah hari terpendek dikurangi 8.  Dan juga akan didapat hari masa subur dalam siklus terpendek tersebut. Contoh : siklus terpanjang 31 hari – 11 = 20, sedang siklus terpendek  26 hari – 8 = 18. Berarti masa subur terjadi antara hari ke 18 sampai ke 20.
2) Perhatikan keluarnya lendir mulut rahim yang dapat diraba dengan jari (pastikan jari bersih untuk mencegah terjadinya infeksi). Pada saat subur keluar cairan bening seperti putih telur sehingga kelamin terkesan basah. Banyak wanita menganggap hal tersebut sebagai keputihan. Di luar saat subur, lendir mulut rahim hanya sedikit dan lebih kental sehingga kelamin terkesan kering.

3) Mengukur suhu tubuh setiap pagi sebelum bangun tidur selama beberapa bulan siklus menstruasi (biasanya sampai tiga bulan). Tanda ovulasi adalah apabila terjadi sedikit kenaikan suhu tubuh pada pertengahan siklus haid. Suhu tubuh itu disebut sebagai suhu basal tubuh, yaitu suhu tubuh dalam kondisi istirahat penuh. Peningkatan suhu tubuh yang jelas, walaupun sedikit (sekitar 0,2-0,5 C), terjadi karena produksi hormon progesteron yang muncul segera setelah ovulasi. Pemeriksaan meliputi pengukuran suhu tubuh setiap pagi pada waktu bangun tidur, dan dicatat pada suatu grafik khusus (bisa didapatkan dari dokter).

4) Dengan memeriksa lendir rahim di bawah mikroskop. Pada saat subur akan tampak bentukan seperti daun pakis yang sempurna.

5) Dengan pemeriksaan USG melalui vagina. Pemeriksaan USG melalui vagina dapat memperlihatkan dengan jelas sel telur yang sudah dilepaskan dari indung telur.



Bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan suhu basal tubuh, Anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

  • Guncang termometer (termometer dapat dibeli di apotek) hingga di bawah 36 C, dan siapkan termometer di dekat tempat tidur Anda sebelum tidur.
  • Saat terbangun di pagi hari, letakkan termometer di mulut Anda (termometer oral) selama 10 menit. Penting untuk Anda ingat adalah jangan banyak bergerak. Tetaplah berbaring dan istirahat dengan mata tertutup. Jangan bangun selama 10 menit hingga selesai pengukuran.
  • Setelah 10 menit, bacalah dan catatlah suhu tubuh Anda pada grafik saat tanggal pemeriksaan itu.

Yang paling penting Anda ketahui mengenai infertilitas adalah Anda harus memahami bahwa sesungguhnya kualitas sperma dan sel telur dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya:
  • Secara alamiah, perempuan mengalami fase menopause yang biasanya terjadi antara usia 40-50 tahun. Pada fase ini, kemungkinan untuk memperoleh keturunan lebih kecil. Berbeda dengan laki-laki, proses andropause (penurunan masa produktif) biasanya terjadi pada usia yang sangat lanjut.
  • Beberapa kelainan genetik dapat berpengaruh pada kesuburan terutama yang berhubungan dengan anatomi kelamin dan sistem hormonal pada suami maupun istri.
  • Penyakit tertentu, misalnya infeksi pada saluran kelamin, varicocel pada pria, kista ovarium, myoma uteri pada wanita, dapat menghambat kehamilan.
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol terbukti mengurangi kualitas kesuburan.
  • Menurut penelitian, kegemukan dapat mempengaruhi kesuburan. Pada wanita yang kegemukan terdapat kelainan pada sekresi hormon gonadotropin oleh kelenjar hipofisis. Kelainan ini pada akhirnya mempengaruhi produksi hormon estrogen dan progesteron.
  • Pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia dan polusi tinggi juga dapat mengurangi kualitas kesuburan.
  • Banyak penelitian menunjukkan bahwa stress dapat mengganggu kualitas dan proses kesuburan.
Lalu, bagaimana cara mengatasi agar kondisi susah hamil tidak lagi mengganggu keharmonisan dalam rumah tangga?
Untuk suami-istri yang memiliki masalah kesuburan atau ingin memiliki anak, amat dianjurkan untuk mengonsumsi keempat produk utama perlebahan yaitu propolis, pollen, royal jelly, dan madu clover. Keempat produk ini lebih dikenal sebagai rangkaian HDI Four Stars yang bekerja secara sinergis untuk memperbaiki kondisi suami dan istri.
http://menjadi-terbaik.blogspot.com/2013/12/infertilitas-masa-subur-dan-faktor-yang.html
HDI Four Stars

Anjuran konsumsi untuk suami-istri sebagai berikut:
  • HDI Royal Jelly Liquid. Satu-satunya produk alami yang mengandung 10-HDA memiliki kemampuan untuk memperbaiki sistem hormonal dan juga sistem reproduksi. Terbukti memperbaiki kualitas sel telur dan sperma sehingga memungkinkan pembuahan terjadi. Untuk suami-istri konsumsilah Royal Jelly Liquid 3 x 1sdt/hari sesudah makan.  
  • HDI Pollenergy 520. Salah satu penyebab umum mengapa seorang wanita berada dalam kondisi tidak subur adalah kurangnya asam folat (vitamin B9). Pollenergy memiliki kandungan 18 asam amino dan multivitamineral lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk di dalamnya adalah asam folat yang akan meningkatkan peluang kehamilan pada wanita dan meningkatkan kualitas sperma pria. Selain itu Pollenergy juga sangat baik untuk meningkatkan energi/stamina suami dan istri tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan. Konsumsilah Pollenergy 3 x 1tablet/hari sebelum makan. 
  • HDI Bee Propolis Tablet. Terbukti sebagai antibiotik alami yang berfungsi sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur, Propolis tablet sangat dibutuhkan untuk memberantas penyakit yang menyebabkan ketidaksuburan. Penyakit seperti kanker, kista, myoma, endometriosis, dan penyakit kandungan lainnya dapat diatasi dengan mengonsumsi Propolis 3 x 1tablet/hari sebelum makan. 
  • HDI Clover Honey adalah madu murni yang dihasilkan dari bunga Clover yang memiliki kandungan gizi yang paling lengkap dan seimbang sehingga sangat bagus untuk metabolisme tubuh. Selain itu, mengonsumsi madu yang dilarutkan dengan segelas air hangat terbukti mampu memperbaiki gairah seksual. Konsumsilah secara rutin 3 x 1sdm dilarutkan dalam segelas air hangat/dingin, sebelum makan.
***
info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha 
WA/Telp: 085267504271

0 Response to "Menentukan Masa Subur"

Posting Komentar

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.