Saat Sakit Lambung Bikin Limbung

Apakah Anda pernah merasakan tidak enak (sebah) pada perut sebelah kiri atas?
Jika iya, jangan langsung memvonis bahwa Anda mengalami maag. Ada baiknya Anda mengenal GERD (Gastroesophagal Reflux Disease)
GERD adalah masuknya isi lambung ke dalam esofagus (kerongkongan). Tidak perlu limbung dan gundah, dengan sedikit berpantang makanan yang memicu gangguan itu, Anda pun segar kembali.
Gangguan GERD ini kerap menghinggapi kelompok umur bayi hingga remaja, tapi tidak menutup kemungkinan dialami oleh orang dewasa. GERD bisa disebabkan oleh berbagai gangguan tubuh, antara lain, kelainan pada fungsi otot kerongkongan, gangguan fungsi lambung, faktor genetik, dan bisa juga karena aspek psikologis seperti stress dan depresi.

Perut Terasa Panas
Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah heartburn (sensasi panas dan nyeri pada perut bagian atas, dada, dan tenggorokan). Rasa sakit pada lambung bisa juga akibat tukak yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (Hp) atau dapat pula diakibatkan penggunaan jenis obat tertentu.
Tukak adalah kerusakan pada lapisan dalam dinding lambung atau usus dua belas jari yang disebabkan oleh asam lambung, usus, atau cairan lain yang dihasilkan oleh proses pencernaan. Gejala tukak lambung yang secara kelompok disebut dengan Dyspepsia adalah rasa sakit atau tak nyaman pada lambung, rasa kembung, perut terasa penuh atau malah kosong, mual ringan, dan kebiasaan bersendawa.
Beruntung bagi Anda yang menjalani pola makan kaya serat, karena resiko tukak lambung bisa turun hingga separuhnya. Serat juga dapat mempercepat penyembuhan, dan serat yang bersumber dari buah dan sayur adalah yang paling manjur.


Makanan Yang Dianjurkan Dan Dihindari
Makanan yang kaya flavonoid seperti apel, daun seledri, bawang bombay, dan teh hijau atau hitam dapat menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori (Hp). Begitu pula zat yang terkandung pada brokoli, yaitu sulforaphrane bisa mematikan bakteri tersebut.

Sebaliknya, mengonsumsi kopi lebih dari tiga cangkir sehari dapat membuat Anda sangat rentan terhadap Hp. Begitu pula dengan minuman yang mengandung soda dan rokok yang juga dapat melemahkan daya tahan esofagus serta lambung terhadap serangan Hp.

Beberapa Saran Yang Patut Dicoba:
1. Mengurang atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, coklat, juga mint. Bahkan kopi yang tidak mengandung kafein (decaf) pun dapat meningkatkan produksi asam lambung.
2. Menghindari minuman bersoda.
3. Menerapkan diet yang kaya akan buah dan sayur, tetapi hindari buah dan sayur yang sifatnya asam seperti jeruk, tomat, jeruk bali, dan nanas.
4. Menjaga kondisi pencernaan yang sehat dengan menghindari lemak jenuh dan asupan lemak berlebihan, terutama jika memiliki kelebihan berat badan. Sebab obesitas juga meningkatkan resiko GERD.
5. Setelah makan berjalan-jalanlah sebentar. Atau paling tidak tetap duduk atau berdiri tegak. Jangan berbaring atau melakukan gerakan membungkuk.
6. Hindari makan sebelum tidur. Pastikan waktu terakhir Anda mengonsumsi makanan adalah dua jam sebelum tidur.

How HD Helps?
1. Bee Propolis Tablet, memiliki kandungan bioflavonoid yang sangat tinggi dibandingkan buah-buahan atau makanan lainnya.
2. DT. Enzymeminerals , mengandung enzyme-enzyme yang penting bagi pencernaan.
3. Clover Honey , madu asli tanpa bahan campuran dan bahan kimia lainnya, terbukti sangat baik untuk pencernaan dan menormalkan asam lambung.


***


info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha
WA / HP 085267504271

4 Responses to "Saat Sakit Lambung Bikin Limbung"

  1. ok terima kasih infonya. tapi, ngomong-ngomong limbung itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Limbung = oyong, berasa gak seimbang, mau pingsan :)

      Hapus
  2. Terima kasih infonya, sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  3. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention.
    cara mengobati paru-paru basah
    cara mengatasi maag

    BalasHapus

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.