MIGRAIN: Nyeri Kepala Sebelah

Kita sering mendengar kata migrain yang oleh sebagian orang disebut sebagai nyeri kepala sebelah.
Menurut Health Journal, jumlah penderita wanita tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan pria dan paling banyak terjadi setelah seseorang mengalami masa pubertas.
Secara definisi klinis, migrain merupakan gangguan neurologik paroksismal, dengan gejala berupa serangan nyeri kepala spontan atau secara episodik yang disertai gangguan fisik seperti mual, muntah, juga lebih sensitif terhadap suara dan cahaya serta bau-bauan.
Gejala khas nyeri kepala pada migrain berupa nyeri kepala sebelah, berdenyut, bertambah dengan aktivitas yang berlangsung sampai beberapa jam atau hari. Meski sering dirasakan di salah satu sisi kepala, namun nyerinya bisa berpindah atau mengenai kedua sisi sekaligus.

Seseorang Dikatakan Menderita Migrain Jika: 
  1. Minimal terdapat 5x serangan yang memenuhi kriteria 2-4.
  2. Nyeri kepala menyerang selama 4-72 jam (tanpa terapi atau kegagalan terapi).
  3. Nyeri kepala dengan diikuti minimal 2 dari gejala seperti nyeri kepala sebelah, berdenyut bertambah akibat aktivitas fisik secara rutin seperti jalan atau mendaki tangga.
  4. Selama nyeri kepala diikuti rasa mual dan kadang disertai muntah.
  5. Sensitif terhadap sinar atau suara.

Penyebab Migrain
Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, migrain diperkirakan terjadi akibat adanya hiperaktivitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak dan mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (peradangan) yang menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala lain.
Kemungkinan migrain yang lain adalah karena gangguan fungsi peredaran darah pada otak. Timbulnya gejala-gejala yang mendahului keluhan migrain kemungkinan disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah di otak. Sedangkan keluhan sakit kepala yang menyertai migrain terjadi akibat melebarnya pembuluh nadi di kulit kepala.


Faktor Pencetus Migrain   
  • Terlalu banyak tidur atau kurang tidur
  • Lapar / telat makan
  • Stress / ansietas (cemas)
  • Hormonal seperti menstruasi, atau penggunaan pil KB atau obat-obatan yang mengandung estrogen
  • Cahaya terang
  • Trauma kepala
  • Perubahan cuaca
  • Makanan / minuman seperti alkohol, kafein, keju, cokelat, susu padat lemak, ikan kalengan, makanan berpengawet, dll
  • Kerja fisik berlebihan.
Menangani Migrain
Ada 2 prinsip untuk menanganinya: Terapi abortif dan terapi preventif.
Terapi abortif bertujuan meredakan nyeri kepala pada saat gangguan itu menyerang. Sedangkan terapi preventif bertujuan mencegah agar frekuensi, lama, dan intensitas serangan nyeri yang berikutnya dapat berkurang atau mungkin bisa hilang.
Untuk melepaskan diri dari derita migrain sekarang ini tersedia berbagai jenis obat.
Jika migrain yang anda derita ringan sampai sedang, anda hanya perlu antinyeri yang dijual bebas untuk menghilangkan gejala. Jika migrain anda sedang sampai berat, anda perlu antimigrain yang dibeli dengan resep. Jika anda sering mengalami serangan migrain, dokter mungkin menyarankan untuk meminum obat pencegah migrain.
Beberapa obat pencegah migrain dapat menimbulkan efek samping ringan sampai berat pada beberapa penderita. Penderita yang mempunyai gangguan jantung atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini. Pasien yang berumur lebih dari 65 tahun, obat pencegah migrain tidak dianjurkan.

Terapi non farmaka (tanpa obat) akan membantu mencegah migrain dimulai dengan edukasi tentang penyakit, menghindari faktor pencetus, olahraga, perubahan gaya hidup yang lebih baik. Cara termudah adalah dengan relaksasi karena akan memasukkan oksigen lebih banyak ke dalam paru-paru sehingga tubuh akan lebih nyaman.

Bagaimana HD Menolong?
Untuk penyembuhan secara menyeluruh dianjurkan menggunakan produk HD yang alami dan tidak memiliki kimia buatan sehingga dapat digolongkan sebagai penanganan non farmaka (bukan obat).

HDI Bee Propolis Tablet

berfungsi sebagai antioksidan dan memperbaiki sistem kardiovaskuler


HDI Pollenergy
berfungsi untuk mengatasi keletihan fisik maupun psikis, memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan stamina tubuh, serta meningkatkan daya pikir dan konsentrasi.    

HDI Royal Jelly
berfungsi untuk menurunkan dan meredakan stress, kecemasan, dan depresi akibat kelelahan; memperbaiki sistem syaraf dan sistem reproduksi, serta mempercepat proses regenerasi sel.

***

info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha
WA/HP: 085267504271

0 Response to "MIGRAIN: Nyeri Kepala Sebelah"

Posting Komentar

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.