Kanker Hati

Dengan ratusan fungsi yang dijalankan, hati menjadi salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia.
Kanker hati dikategorikan sebagai penyakit serius akibat terhambatnya fungsi-fungsi hati tersebut, bahkan benar-benar menghentikannya.
Kanker hati berkaitan erat dengan sirosis dan proses pembentukan jaringan parut pada organ hati. Organ hati yang normal terbentuk dari jaringan sel-sel yang lunak. Sirosis adalah kondisi saat jaringan hati yang normal telah mengeras akibat proses pembentukan jaringan baru  dari sel-sel yang luka. Akibat sirosis, fungsi hati mulai menurun.
Perlu diingat bahwa tidak semua penderita sirosis akan mengalami kanker hati.

Sekitar 85% kasus kanker hati di dunia terjadi di negara-negara yang masih berkembang.
Penyebab tingginya kasus kanker hati di negara-negara yang masih berkembang adalah tingginya kasus hepatitis B dan C di negara-negara tersebut, termasuk di Indonesia.

hepatitis, sirosis, kanker hati

Kanker hati terbagi menjadi dua jenis:
  1. Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal.
  2. Kanker hati sekunder adalah kanker yang bermula di bagian tubuh lain, seperti usus, sebelum menyebar ke hati.
Gejala Kanker HatiGejala kanker hati meliputi:
  • Merasa sangat lelah dan lemas
  • Penurunan berat badan tanpa sebab
  • Mual-mual
  • Muntah
  • Sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang menguning akibat meningkatnya kadar bilirubin dalam tubuh manusia)
  • Urine berwarna gelap
  • Sakit perut
  • Gatal-gatal
  • Organ hati membengkak
Di negara yang masih berkembang seperti Indonesia, sirosis umumnya disebabkan oleh:
  • Infeksi virus hepatitis B dan C.
  • Penyakit perlemakan hati non alkoholik.
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan.
  • Penyakit autoimun seperti hepatitis autoimun, sirosis bilier primer, hemokromatosis.

Jika dokter umum mencurigai atau mendiagnosis Anda telah terkena kanker hati, Anda akan dirujuk ke rumah sakit spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut.  
Semakin cepat penyakit ini terdiagnosis, semakin efektif penanganan yang diberikan!
Pada kenyataannya hanya 1 dari 5 orang yang dapat bertahan hidup, setidaknya setahun setelah didiagnosis mengidap kanker hati. Dan hanya 1 dari 20 pengidap yang dapat bertahan hidup setidaknya lima tahun.
Hal ini dikarenakan sebanyak 9 dari 10 penderita baru didiagnosis ketika kanker sudah ada pada stadium lanjut. Pada kebanyakan pengidap, kanker telah berkembang terlalu parah untuk disembuhkan.

Maka agar kanker hati dapat terdiagnosis lebih dini, orang-orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit tersebut disarankan untuk memeriksakan diri secara rutin dan teratur.
Kelompok orang yang berisiko tinggi ini adalah mereka yang positif terinfeksi hepatitis C atau yang pernah mengidap sirosis.
Manfaat dari pemeriksaan rutin adalah untuk mendiagnosis kanker hati pada stadium awal, yaitu saat pengobatan untuk kepulihan total lebih memungkinkan.

Tiga cara dalam mengobati kanker hati:
1. Ablasi frekuensi radio
Yaitu penggunaan sebuah perangkat listrik yang khusus digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada di organ hati.
Ablasi/pengangkatan dengan frekuensi radio dapat direkomendasikan sebagai langkah alternatif selain operasi untuk menangani kasus dengan satu atau beberapa tumor berdiameter kurang dari 5 cm.
Setelah menjalani prosedur, Anda dapat merasa tidak nyaman dan mengalami gejala menyerupai flu, seperti menggigil atau sakit otot selama beberapa hari. Walau jarang, komplikasi yang mungkin terjadi adalah pendarahan, infeksi, luka bakar kecil, atau kerusakan di sekitar organ.

2. Operasi reseksi
Yaitu proses pengangkatan bagian-bagian tertentu dari organ hati yang terinfeksi.
Pada umumnya dibutuhkan waktu 3-4 bulan untuk memulihkan organ Anda setelah operasi walau Anda sudah diizinkan meninggalkan rumah sakit dalam waktu 6-12 hari setelah operasi.
Namun seperti semua prosedur medis, bedah reseksi juga memiliki risiko. Sekitar 25 persen operasi reseksi hati menimbulkan komplikasi seperti infeksi, pendarahan atau trombosis vena dalam dan terkadang dapat menyebabkan komplikasi mematikan seperti serangan jantung.

3. Transplantasi hati
Yaitu mengganti organ hati penderita dengan organ hati dari pendonor.
Transplantasi hati hanya tepat dilakukan untuk kasus tertentu. Prosedur ini biasanya cocok jika tumor berdiameter kurang dari 5 cm. Namun  tidak akan bermanfaat jika Anda mengidap beberapa tumor atau satu tumor yang berdiameter lebih dari 5 cm.
Transplantasi hati dapat direkomendasikan untuk:
  • Pengidap dengan tiga atau beberapa tumor dengan diameter kurang dari 3 cm. 
  • Pengidap tumor yang sangat responsif terhadap pengobatan hingga tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan tumor hingga enam bulan kemudian.
Pencegahan Kanker Hati
Pertumbuhan kanker hati dapat dicegah!
Kunci utamanya adalah dengan gaya hidup sehat dan disiplin dalam menjaga kesehatan.
Langkah-langkah tersebut meliputi:
  1. Pola makan sehat.
  2. Menghindari diri dari obesitas dengan olahraga teratur.
  3. Menghindari diri dari faktor-faktor risiko kanker hati seperti hepatitis C dan hepatitis B.
  4. Membatasi konsumsi minuman keras.
Bagaimana HD Menolong?
propoelix plusJika Anda sudah terdiagnosis menderita kanker hati, HDI menyediakan produk terbaik dari alam untuk meringankan rasa sakit yang Anda derita dan membantu mempercepat prosedur pengobatan yang Anda tempuh sehingga Anda terbebas dari keganasan kanker hati.
1. Propoelix Plus, yang merupakan kombinasi dari propoelix, jamur Lingzhi, jamur Shiitake, dan jamur Maitake. Bahan-bahan ini diformulasikan karena efek sinergisnya sebagai immunomodulator yang efektif, yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga menekan pertumbuhan sel tumor dan kanker.

2. Royal Jelly Liquid, yang dapat mempercepat proses regenerasi sel sehingga sangat membantu proses penyembuhan penyakit-penyakit yang akut (influenza, hepatitis akut, thypus, dsb) maupun penyakit kronis (gagal ginjal, sirosis hepatitis, kanker, stroke, diabetes, jantung, dsb).

***
info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha 
WA/Telp: 085267504271

0 Response to "Kanker Hati"

Posting Komentar

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.