Serius Urus Tipus

Penyakit yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, terutama di antara mereka yang super sibuk. Tak heran bila tipus sering kali dikaitkan dengan kecapaian. Apakah benar kecapaian menjadi penyebab tipus?

Prof Dr Djoko Widodo, SpPD-KPTI dari bagian Tropik Infeksi Ilmu Penyakit Dalam FKUI menjelaskan, tipus adalah penyakit infeksi sistemik yang disebabkan oleh kuman.
Tipus atau disebut juga demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan penyakit ini banyak terdapat di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, karena tingkat kualitas kebersihan yang rendah.

Jadi, apa benar kalau kecapaian bisa menyebabkan tipus? Djoko menegaskan bahwa infeksi yang dialami seseorang tergantung beberapa hal, seperti daya tahan tubuh, banyaknya kuman yang masuk, dan keganasan kuman.

"Prinsip yang benar adalah saat daya tahan tubuh kita menurun akibat capai, tubuh bisa terkena infeksi. Namun, perlu diingat, infeksi terjadi bukan hanya karena capai, melainkan juga harus ada kuman yang masuk, itu pun masih tergantung  jumlah dan keganasan kuman itu sendiri," ujarnya.

Memasuki musim pancaroba, masyarakat perlu mewaspadai penyakit tipus yang merebak dalam kondisi lingkungan yang sangat buruk. Peningkatan penderita penyakit ini paling banyak terjadi saat peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Peningkatan penyakit tipus ini disebabkan karena faktor lingkungan yang jelek pada saat tersebut. Saat itu sumber air banyak yang kering sehingga kuman menjadi lebih pekat.


Gejala klinis tipus pada anak-anak biasanya lebih ringan daripada orang dewasa. Masa inkubasi bakteri rata-rata 10-20 hari. Namun bisa juga hanya 4 hari saja. Bisa sangat singkat jika terinfeksinya melalui kuman yang masuk melalui makanan.

Selama masa inkubasi akan ditemukan gejala-gejala yang mungkin mirip dengan penyakit lain, seperti badan pegal-pegal, lesu, nyeri kepala, pusing, dan tidak bersemangat.

Gejala klinis yang ditemukan setelah masa inkubasi lewat adalah demam tinggi, terutama pada malam hari. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam ini dapat terus-menerus, bisa sampai tiga mingguan.
Selain panas tinggi, juga tercium bau tidak sedap, bibir kering dan pecah-pecah, lidah terliputi dengan selaput putih kotor. Sering ditemukan perut kembung dan konstipasi alias tidak buang air besar selama beberapa hari. Atau sebaliknya, tipus juga dapat menyebabkan diare parah yang disertai dengan berak darah akibat luka pada usus.
Bila sudah parah, penyakit ini dapat menimbulkan akibat fatal, seperti terjadinya pendarahan usus atau bahkan sobeknya usus!
Selain itu, akibat fatal lainnya adalah komplikasi yang merembet hingga sistem peredaran darah, gangguan paru, ginjal, hepar, dan sistem kesadaran.

Penyakit Menular
Tipus digolongkan sebagai penyakit yang sangat menular karena bakteri Salmonella sangat mudah terbawa pada berbagai macam media seperti sentuhan kulit, makanan, dan melalui perantaraan lalat atau serangga lain.
Setiap orang yang terinfeksi kuman Salmonella akan mengekskresikan kuman tersebut bersama dengan feses dan air seni selama beberapa waktu tertentu atau sekitar 3 bulan. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus setelah lebih dari 3 bulan, maka yang bersangkutan dikatakan sebagai carrier. Kuman tipus bisa tinggal pada carrier selama lebih dari 1 tahun!

Perawatan dan Pengobatan
Penderita tipus perlu dirawat di rumah sakit untuk isolasi supaya tidak menular. Biasanya dokter akan mewajibkan penderita untuk beristirahat total (bed rest) selama minimal 7 hari. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi di usus dan mempercepat penyembuhan luka pada usus.

Selama itu dokter akan memberikan antibiotika dan jika dibutuhkan, pasien akan diinfus agar tidak kekurangan cairan tubuh.
Penderita tipus harus mengatur pola makan dan jenis makanan. Selama masih sakit, makanan yang dikonsumsi adalah makanan lunak. Hindari makanan pedas, asam, terlalu manis, terlalu asin, dan jenis makanan yang berefek panas.

Selama proses perawatan dan pengobatan, pemberian suplemen kesehatan yang tepat sangat dianjurkan.
Sangat disarankan untuk menggunakan suplemen Madu Clover dan Propolis yang efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan juga memperbaiki pencernaan serta mempercepat penyembuhan luka di usus.

Pencegahan Tipus
Sebelum terlambat alangkah baiknya jika kita mengambil langkah-langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit ini. Pencegahan tipus dapat kita lakukan mulai dari hal yang sederhana, seperti memperhatikan makanan dan minuman kita sehari-hari. Hindari jajan atau membeli makanan dan minuman di tempat yang kurang bersih. Selain itu, makanlah makanan dan minuman yang sudah dimasak. Jangan lupa, air minum kita harus dimasak terlebih dulu hingga mendidih (100°C). Lindungi makanan kita dari lalat, kecoa dan tikus karena hewan-hewan tersebut dapat membawa bakteri Salmonella typhi yang merupakan penyebab tipus.

Selanjutnya, kita harus senantiasa memperhatikan kebersihan diri sendiri dan lingkungan kita. Cucilah tangan dengan sabun setelah ke WC. Pembuangan kotoran manusia juga harus pada tempatnya. Jangan pernah membuangnya secara sembarangan sehingga mengundang lalat karena lalat dapat membawa bakteri Salmonella typhi dari feses ke makanan. Oleh karena itu, bila di rumah banyak lalat harus dibasmi hingga tuntas untuk menghindari dari penyebaran bakteri penyebab tipus.

Selain dengan memperhatikan kebersihan makanan dan lingkungan, saat ini pencegahan terhadap kuman Salmonella sudah bisa dilakukan dengan vaksinasi bernama chotipa (cholera-tifoid-paratifoid) atau tipa (tifoid-paratifoid). Vaksinasi dapat mencegah kuman masuk dan berkembang biak. Vaksinasi ini sebaiknya dilakukan terhadap seluruh keluarga, bahkan untuk anak usia balita yang masih rentan dapat juga divaksinasi.


Pemulihan Kondisi Pasca Tipus
Pemulihan kondisi pasca tipus memang cukup lama, dapat berkisar dari 1 hingga 3 bulan sebelum kondisi tubuh dapat kembali normal. Bahkan tingkat kemungkinan kambuh mencapai 15%, yang dapat kambuh sesudah 2 minggu pemberian antibiotik. Oleh sebab itu akan lebih baik jika sementara waktu, penderita memperbanyak waktu istirahat dan mengonsumsi nutrisi yang baik.

***


info dan pemesanan, silahkan menghubungi:
icha
WA 085267504271

1 Response to "Serius Urus Tipus"

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.