Tips Memulai Bisnis



Jika Anda mendengar para pebisnis Indonesia yang namanya mencuat ke dunia Internasional seperti Peter Sondakh, Rusdi Kirana, Bob Sadino,  Eka Tjipta, Hary Tanoesoedibjo, Julianto Ekaputra, dll, pasti Anda tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa.
Tapi sadarkah Anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil yang terus dilakukan secara professional sehingga menjadi bisnis milyaran dollar?
menjadi terbaik

Dibandingkan modal (uang), seringkali keberanian dan kemauan lebih dibutuhkan dalam membangun suatu bisnis.
Jika Anda ingin memulai bisnis, mulailah dari sekarang dengan apa yang ada pada Anda.

Berikut beberapa tips agar Anda dapat memulai bisnis dengan benar:
1. Lebih realistis.
Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari.
Tidak ada kesuksesan tanpa kemauan untuk belajar.

2. Jangan menginvestasikan uang sendiri.
Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner atau bergabunglah dengan pebisnis mandiri. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

3. Perbudak diri sendiri.
Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Anda.
Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah diri Anda sendiri.

4. Hargai waktu.
Jika Anda hendak melakukan suatu pekerjaan, semisal mengecat dinding, sementara waktu yang dibutuhkan akan menghabiskan waktu berjam-jam. Maka sebaiknya Anda menyewa tukang cat sehingga Anda dapat memfokuskan waktu Anda untuk mengerjakan bisnis Anda.

5. Jual kelebihannya, bukan harganya.
Saat Anda memulai usaha, sudah sewajarnya Anda frustasi memasarkannya. Tapi, jika Anda bersaing pada harga, Anda pada akhirnya akan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Perang harga selalu membawa dampak negatif dalam bisnis apapun.
Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk Anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

6. Ketahui angka dasar.
Mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun Anda akan buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari.
Jika Anda tidak pernah berpikir tentang angka dasar, bisa dipastikan bisnis Anda akan segera gulung tikar.

7. Rekrut karyawan dengan baik.
Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha.
Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.
Pastikan karyawan Anda tahu mengenai visi perusahaan Anda sehingga mereka dapat menjadi rekan dalam mewujudkan visi tersebut.

8. Pelihara hubungan dengan pelanggan
Di dunia yang semakin self-centered saat ini, dengan teknologi yang semakin menjauhkan hubungan nyata, komunikasi dan perhatian kepada pelanggan bisa menjadi ujung tombak bisnis Anda.
Pelihara hubungan yang baik dengan pelanggan Anda, sehingga mereka tahu bahwa Anda peduli.
Pelanggan yang puas tak akan segan merekomendasikan Anda kepada teman dan keluarga mereka.  

9. Jadilah yang terbaik.
Anda tidak boleh setengah-setengah. Setiap hal yang Anda lakukan untuk klien harus lah yang terbaik. Apapun yang Anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar. 

Modal dasar dalam memulai suatu bisnis justru tidak berbentuk uang, melainkan berbentuk tekad, keberanian, dan kemauan untuk belajar. 
Terlalu lama berpikir dan menunda-nunda dapat menyebabkan Anda batal menjalankan bisnis. 
Tunggu apa lagi?
Jadilah bos untuk diri Anda sendiri!
Selamat menggeluti dunia bisnis. Sukses untuk Anda.

***

Info bisnis mandiri (lengkap dengan sistem dan mentoring), hubungi:

icha 
WA/Telp: 085267504271



0 Response to "Tips Memulai Bisnis"

Posting Komentar

Harap memberikan komentar yang relevan dengan post, bukan spam, dan tidak menggunakan kata-kata kasar atau menyinggung SARA.
Terimakasih.